Diberdayakan oleh Blogger.
Flag Counter
>br>
RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
>br>

kebutuhan kebutuhan penting manusia....


KEBUTUHAN MANUSIA


Daftar kebutuhan manusia semakin panjang sebagai akibat dari semakin majunya peradaban dan tekhnologi. Definisi kebutuhan secara singkat adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam hidupnya, yang bisa diperoleh dengan cara memiliki atau menikmati suatu barang atau jasa. Jasi jika sesuatu yang kita butuhkan sudah berhasil kita peroleh, maka itu tidak bisa dikategorikan sebagai kebutuhan lagi. Kebutuhan manusia banyak macamnya. Jenis kebutuhan manusia bisa dibedakan berdasarkan tingkat kepentingan, waktu pemenuhan, sifat, serta subjeknya.

Berikut ini adalah macam-macam kebutuhan manusia:

# KEBUTUHAN MANUSIA menurut TINGKAT KEPENTINGAN:

* Kebutuhan primer
Merupakan kebutuhan yang pemuasannya harus segera dipenuhi agar manusia dapat menjagakelangsungan hidup dengan baik.Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contohnya adalah seperti sembilan bahan makanan pokok / sembako, rumah tempat tinggal, pakaian, dan lain sebagainya.. Contoh: sandang, pangan, papan

* Kebutuhan sekunder
Merupakan kebutuhan kedua atau kebutuhan pelengkap yang pemuasannya dapat ditunda. Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam kategori mewahContoh: hiburan, libutan, sepeda motor, dll

* Kebutuhan tersier
Merupakan kebutuhan yang hanya bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi beda yang tergolong mewah atau lux.Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya adalah mobil, antena parabola, pda phone, komputer laptop notebook, tv 50 inchi, jalan-jalan ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.. Contoh: villa , mobil, perhiasan.


# KEBUTUHAN MANUSIA menurut WAKTU PEMENUHAN:

* Kebutuhan sekarang
Merupakan kebutuhan yang sangat penting dan mendesak serta harus dipenuhi sekarang juga.Contoh: makan pada saat lapar, obat pada saat sakit, dll

* Kebutuhan yang akan datang
Merupakan kebutuhan manusia yang tidak harus dilakukan sekarang dan bisa ditunda sampai masa yang akan datang. Contoh: liburan yang bisa ditunda sampai uang tabungan mencukupi




# KEBUTUHAN MANUSIA menurut SIFATNYA:

* Kebutuhan jasmani
Adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi agar jasmani bisa berfungsi dengan baik. Contoh: makan, minum, pakaian, rumah, dll

* Kebutuhan rohani
Adalah kebutuhan yang harsu dipenuhi agar rohani atau mental bisa berfungsi dengan baik. Contoh: pendidikan, agama, hiburan, dll


# KEBUTUHAN MANUSIA menurut SUBJEKNYA:

* Kebutuhan pribadi
Merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi berdasarkan selera atau pilihan pribadi. Contoh: Budi membutuhkan sepatu warna hitam, namun Ani membutuhkan sepatu  warna putih

* Kebutuhan sosial
Adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kehidupan bersama. Contoh: Keluarga A membutuhkan televisi berwarna, Masyarakat di wilayah B membutuhkan jembatan penyeberangan


KELANGKAAN SUMBER DAYA ALAM (SDA)

Í PENJELASAN
Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini. Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara seperti Indonesia, Brazil, Kongo, Sierra Leone, Maroko, dan berbagai negara di Timur Tengah memiliki kekayaan alam hayati atau nonhayati yang sangat berlimpah. Sebagai contoh, negara di kawasan Timur Tengah memiliki persediaan gas alam sebesar sepertiga dari yang ada di dunia dan Maroko sendiri memiliki persediaan senyawa fosfat sebesar setengah dari yang ada di bumi. Akan tetapi, kekayaan sumber daya alam ini seringkali tidak sejalan dengan perkembangan ekonomi di negara-negara tersebut.
Indonesia, salah satu negara dengan kekayaan sumber daya alam hayati dan nonhayati terbesar di dunia.
Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbaharui dan SDA tak dapat diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dieksploitasi berlebihan. Tumbuhan, hewan, mikroorganisme, sinar matahari, angin, dan air adalah beberapa contoh SDA terbaharukan. Walaupun jumlahnya sangat berlimpah di alam, penggunannya harus tetap dibatasi dan dijaga untuk dapat terus berkelanjutan. SDA tak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis. Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai bahan tambang lainnya pada umumnya memerlukan waktu dan proses yang sangat panjang untuk kembali terbentuk sehingga jumlahnya sangat terbatas., minyak bumi dan gas alam pada umumnya berasal dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun lalu, terutama dibentuk dan berasal dari lingkungan perairan.Perubahan tekanan dan suhu panas selama jutaaan tahun ini kemudian mengubah materi dan senyawa organik tersebut menjadi berbagai jenis bahan tambang tersebut.

Í DAYA DUKUNG LINGKUNGAN
Kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan semua makhluk hidup yang meliputi ketersediaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan dasar dan tersedianya cukup ruang untuk hidup pada tingkat kestabilan sosial tertentu disebut daya dukung lingkunganKeberadaan sumber daya alam di bumi tidak tersebar merata sehingga daya dukung lingkungan pada setiap daerah akan berbeda-beda. Oleh karena itu, pemanfaatanya harus dijaga agar terus berkesinambungan dan tindakan eksploitasi harus dihindari. Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harus dilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut:
  1. Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien, misalnya: air, tanah, dan udara.
  2. Menggunakan bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran).
  3. Mengembangkan metode penambangan dan pemrosesan yang lebih efisien serta dapat didaur ulang.
  4. Melaksanakan etika lingkungan dengan menjaga kelestarian alam.
  5.  
Í SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA
Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Fakta tersebut menunjukkan tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia dan hal ini, berdasarkan Protokol Nagoya, akan menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan (green economy). Protokol Nagoya sendiri merumuskan tentang pemberian akses dan pembagian keuntungan secara adil dan merata antara pihak pengelola dengan negara pemilik sumber daya alam hayati, serta memuat penjelasan mengenai mekanisme pemanfaatan kekayaan sumber daya alam tersebut. Kekayaan alam di Indonesia yang melimpah terbentuk oleh beberapa faktor, antara lain:
  • Dilihat dari sisi astronomi, Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan cepat.
  • Dilihat dari sisi geologi, Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan mineral.
  • Daerah perairan di Indonesia kaya sumber makanan bagi berbagai jenis tanaman dan hewan laut, serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral.
Tingginya tingkat biodiversitas Indonesia ditunjukkan dengan adanya 10% dari tanaman berbunga yang dikenal di dunia dapat ditemukan di Indonesia, 12% dari mamalia, 16% dari hewan reptil, 17% dari burung, 18% dari jenis terumbu karang, dan 25% dari hewan lau. Di bidang agrikultur, Indonesia juga terkenal atas kekayaan tanaman perkebunannya, seperti biji coklat, karet, kelapa sawit, cengkeh, dan bahkan kayu yang banyak diantaranya menempati urutan atas dari segi produksinya di dunia.
Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak. Di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baik digunakan untuk berbagai jenis tanaman. Wilayah perairan yang mencapai 7,9 juta km2 juga menyediakan potensi alam yang sangat besar.
Sedangkan Kelangkaan adalah kondisi di mana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita. Dengan singkat kata kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia.. Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga dapat diartikan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. Kelangkaan mengandung dua pengertian:
  • Alat pemenuhan kebutuhan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.
  • Untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan memerlukan pengorbanan yang lain.
Masalah kelangkaan selalu dihadapi merupakan masalah bagaimana seseorang dapat memenuhi kebutuhan yang banyak dan beraneka ragam dengan alat pemuas yang terbatas. Dalam menghadapi masalah kelangkaan, ilmu ekonomi berperan penting karena masal ekonomi yang sebenarnya adalah bagaimana kita mampu menyeimbangkan antara keinginan yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Apabila suatu sumber daya dapat digunakan untuk menghasilkan suatu alat pemuas kebutuhan dalam jumlah tidak terbatas, maka sumber daya tersebut dikatakan tidak mengalami kelangkaan.

Í FAKTOR PENYEBAB KELANGKAAN SUMBER DAYA ALAM


  • Keterbatasan sumber daya
Alam memang menyediakan sumber daya yang cukup melimpah. Namun, tetap saja jumlahnya terbatas, apalagi jika manusia mengolahnya secara sembarangan. Walaupun sumber daya tersebut dapat diperbaharui atau tersedia secara bebas, tetap saja akan berkurang dan lama-kelamaan akan habis.
  • Perbedaan letak geografis
Sumber daya alam biasanya tersebar tidak merata disetiap daerah. Ada daerah yang sangat subur, ada pula daerah yang kaya akan bahan tambang. Namun, ada pula daerah yang gersang dan selalu kekurangan air. Perbedaan ini menyebabkan sumber daya menjadi langka dan terbatas, terutama bagi daerah yang tidak mempunyai sumber daya yang melimpah.
  • Pertambahan jumlah penduduk
Pertumbuhan jumlah penduduk selalu lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi barang dan jasa. Hal ini telah diamati oleh seorang ekonom, Thomas Robert Malthus. Menurutnya, jumlah manusia tumbuh mengikuti deret ukur (1, 2, 4, 8, 16, dan seterusnya). Sementara jumlah produksi hanya tumbuh mengikuti deret hitung (1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya). Keterbatasan kemampuan produksi
Kemampuan produksi didukung oleh faktor-faktor produksi yang digunakan. Misalnya kapasitas faktor produksi manusia terbatas karena masih bisa sakit, lelah, atau bosan. Mesin produksi juga bisa rusak dan aus. Selain itu, keterbatasan produksi juga ditentukan karena perkembangan teknologi yang tidak sama. Di negara maju, perkembangan teknologi berlangsung sangat cepat. Sementara itu, di negara berkembang perkembangan kebutuhan barang dan jasa masih lebih cepat daripada perkembangan teknologinya.
  • Kebutuhan manusia yang meningkat cepat
Kebutuhan dan keinginan manusia setiap waktu semakin banyak, bervariasi dan semakin meningkat. Namun peningkatan ini tidak dibarengi dengan peningkatan alat pemuas kebutuhan tersebut. Sehingga terjadi kekurangan alat pemuas sehingga terjadi kelangkaan.
  • Bencana alam
Bencana alam merupakan faktor perusak yang berada di luar kekuasaan dan kemampuan manusia. Walaupun sebenarnya sebagian bencana terjadi akibat ulah manusia sendiri. Banjir, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran hutan, dan lain-lain telah membawa dampak kerugian yang cukup besar. Kerusakan bangunan, tempat usaha, sumber daya alam, dan bahkan korban jiwa yang menjadi korban bencana alam tersebut. 

JENIS SUMBER DAYA ALAM DAN MANFAATNYA


Pengertian Sumber Daya Alam 
Sumber daya alam adalah semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam terbagi dua yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati. Sumber daya alam hayati disebut juga sumber daya alam biotik yaitu semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) berupa makhluk hidup. Sedangkan sumber daya alam non hayati atau sumber daya alam abiotik adalah semua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia berupa benda mati.

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alamnya, baik sumber daya alam hayati maupun sumber daya alam non hayati. Kekayaan alam Indonesia terdapat di permukaan bumi, di dalam perut bumi, di laut dan di udara. Berdasarkan ketersediaanya sumber daya alam terbagi dalam dua kelompok besar yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

1. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu semua kekayaan alam yang mudah diadakan kembali jika habis. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah hewan, tumbuhan, air, udara, dan zat hara. Pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sebagai berikut :

a. Bahan pangan
Bahan pangan adalah bahan makanan yang berguna untuk mencukupi akan kebutuhan makanan bagi manusia. Beberapa contoh sumber daya alam yang dipergunakan untuk bahan pangan antara lain :
1). Kedelai untuk membuat kecap, tahu dan tempe.
2). Gandum untuk membuat terigu.
3). Ayam dan bebek untuk diambil telur dan dagingnya.
4). Sapi dan kambing untuk diambil susu dan dagingnya.

b. Bahan sandang
Bahan sandang adalah bahan pakaian. Beberapa sumber daya alam yang dijadikan untuk bahan sandang antara lain :
1). Serat kapas untuk membuat kain katun.
2). Serat kepompong ulat sutra untuk membuat kain sutra.
3). Serat rambut domba untuk membuat kain wol.

c. Peralatan rumah tangga
Contoh sumber daya alam yang digunakan untuk peralatan rumah tangga antara lain :
1). Kayu jati dan rotan untuk membuat  tempat tidur, lemari, meja dan kursi.
2). Kayu sengon untuk membuat centong, dan perabot rumah tangga lainnya.

d. Obat tradisional dan produk perawatan tubuh
1). Mengkudu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
2). Lidah buaya untuk membuat sampo.
3). Rumput laut untuk bahan kosmetik dan sebagainya.

e. Bahan bangunan
1) Tanah liat untuk membuat batu bata dan genting.
2). Pasir untuk bangunan rumah dan batako.

f. Peralatan olah raga
1). Bulu angsa untuk membuat sutlecook.
2). Rotan untuk membuat Holahop dan bola sepak takraw

2. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah semua kekataan alam yang jika sudah habis sulit diadakan kembali. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi, gas alam, batu bara, barang tambang mineral dan barang tambang non mineral.
Beberapa contoh pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah :

a. Minyak bumi, gas alam dan batu bara untuk bahan bakar


b. Barang  tambang logam
Barang tambanng logam dimanfaatkan untuk :
1). Emas dan perak untuk perhiasan.
2). Alumunium untuk peralata dapur, pembungkus makanan, dan badan pesawat terbang.
3). Besi untuk tiang bangunan, pagar rumah dan lain-lain.
4). Tembaga untuk bahan kawat dan kabel.
5). Nikel untuk membuat bahan campuran logam.
6). Perunggu untuk membuat patung.

c. Barang tambang non logam
Barang tambang non logam dimanfaatkan untuk :
1). Gipsum untuk bahan cat tembok.
2). Intan untuk perhiasan.
3). Belerang untuk bahan obat-obatan.
4). Grafit dan karbon untuk membuat pencil.
5). Asbes untuk atap rumah.
6). Aspal untuk pengeras jalan.

Í ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MANUSIA

  • 1. SUMBER EKONOMI YANG LANGKA DAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS
  • 2. ALAT PEMUAS KEBUTUHAN Alat pemuas kebutuhan adalah segala sesuatu yang dapat memuaskan kebutuhan manusia baik berupa barang maupun jasa. Dalam bentuk barang misalnya : topi, jaket, Hp, motor, dan lain - lain. Dalam bentuk jasa misalnya : dokter, mekanik, dan lain - lain.
  • 3. JENIS - JENIS ALAT PEMUAS KEBUTUHAN Alat pemuas kebutuhan menurut cara mendapatkannya. Alat pemuas kebutuhan menurut kegunaannya. Alat pemuas kebutuhan menurut proses produksinya. Alat pemuas kebutuhan menurut hubungannya dengan benda lain. Alat pemuas kebutuhan menurut kualitasnya.
  • 4. ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MENURUT CARA MENDAPATKANNYA a . Benda Ekonomi karena sifatnya terbatas maka untuk mendapatkan benda ekonomi harus melalui pengorbanan tertentu. Misalnya jika ingin memiliki sebuah baju, kita harus membanyar dengan uang. Kesediaan mengeluarkan sejumlah uang merupakan pengorbanan. b . Benda Bebas Benda yang banyak tersedia di alam, sehingga kita dapat dengan bebas memanfaatkannya. Misalnya udara yang kita hirup, air laut yang dimanfaatkan untuk membuat garam.
  • 5. ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MENURUT KEGUNAANNYA Benda Kosumsi Benda yang dapat langsung digunakan oleh konsumen. Misalnya : tas, buku, pinsil, penggaris. Benda Produksi Benda yang digunakan untuk proses produksi, sehingga menghasilkan benda lainnya dapat langsung dikosumsi. Misalnya : mesin jahit untuk membuat baju.
  • 6. ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MENURUT PROSES PRODUKSINYA Barang mentah (bahan baku) merupakan barang yang belum diolah atau barang yang belum mengalami proses produksi.Contoh: Barang setengah jadi merupakan barang yang telah mengalami proses produksi, tetapi belum menjadi barang produk akhir. Contoh: kapas -> benang -> kain
  • 7. Lanjutan… Barang jadi merupakan barang yang telah siap untuk dikosumsi. Contoh:
  • 8. ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MENURUT HUBUNGANNYA DENGAN BENDA LAIN Benda substitusi adalah benda pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan benda lain atau saling menggantikan. -> -> ->
  • 9. Lanjutan… Benda komplementer adalah benda pemuas kebutuhan akan bermanfaat atau mempunyai daya guna yang lebih apabila dipakai bersama-sama dengan benda lain. -> ->
  • 10. ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MENURUT KUALITASNYA Benda superior merupakan benda yang saling mempunyai kualitas tinggi sehingga memberikan prestise bagi pemakainya. Benda ini banyak dikosumsi oleh kalangan menengah ke atas.Contoh:
  • 11. Lanjutan….. Benda inferior merupakan benda yang memiliki kualitas rendah. Contoh : Pakaian yang dijual di pasar loak, beras raskin, mobil bekas.
  • 12. KEGUNAAN BENDA PEMUAS KEBUTUHAN Benda pemuas kebutuhan diciptakan atau diproduksi oleh manusia dengan tujuan tertentu. Benda pemuas kebutuhan manusia dapat digolongkan menjadi empat macam: Kegunaan bentuk(form utility) Kegunaan tempat (place utility) Kegunaan waktu (time utility) Kegunaan kepemilikan (ownership utility)
  • 13. KEGUNAAN BENTUK ( FORM UTILITY ) Artinya, peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan bentuknya. Contoh: -> ->
  • 14. KEGUNAAN TEMPAT ( PLACE UTILITY ) Artinya, pertambahan kegunaan benda karena dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Contoh: kapal laut akan berguna di laut daripada di daratan, baju astonot akan berguna jika dipakai di bulan daripada di dunia.
  • 15. KEGUNAAN WAKTU ( TIME UTILITY ) Artinya, kegunaan suatu benda akan bertambah jika dipakai pada waktu yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda tersebut. lebih berguna atau tidak berguna
  • 16. KEGUNAAN KEPEMILIKAN ( OWNERSHIP UTILITY ) Artinya, kegunaan suatu benda baru terasa jika telah ada pemiliknya atau dimiliki oleh konsuman yang tepat. -> ->
  • 17. Apa yang ada dalam benakmu tentang gambar dibawah ini ?
  • 18. KELANGKAAN ( SCARCITY ) Kelangkaan adalah keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan yang dihadapkan dengan kebutuhan yang tidak terbatas. Suatu barang atau jasa dinyatakan langka jika permintaan atau kebutuhan konsumen akan barang atau jasa lebih besar atau lebih banyak daripada ketersediaan atas barang atau jasa tersebut dan cara untuk memperolehnya diperlukan suatu pengorbanan tertentu.
  • 19. Langka dan terbatasnya barang atau jasa pemuas kebutuhan manusia mengakibatkan nilai-nilai barang-barang ekonomi tersebut menjadi tinggi dan harganya menjadi mahal. Meski disisi lain, kelangkaan tersebut membuat orang-orang menjadi lebih kreatif untuk menyediakan berbagai alat pemuas kebutuhan manusia, sehingga mereka memperoleh keuntungan
  • 20. FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB KELANGKAAN Kebutuhan manusia yang terus meningkat, sementara sumber daya alam yang baru belum ditemukan. Sifat serakah sebagian besar manusia yang mengakibatkan cepat berkurang dan rusaknya persediaan sumber daya alam. Persediaan sumber daya alam terbatas. Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya alam.
  • 21. SUMBER - SUMBER EKONOMI YANG LANGKA Tanah Air Udara Hutan Laut Barang tambang logam, seperti : timah putih, nikel besi, tembaga, bauksit, mangan, emas dan perak. Barang tambang nonlogam, seperti : batu kapur, belerang, fosfat, batu marmer, intan, grafit, aspal, minyak, gas, batubara, uranium, dan sebagainya. Jelaskanlah manfaat dan cara melestarikannya?
  • 22. KEBUTUHAN MANUSIA YANG TIDAK TERBATAS Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda dan berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Semakin lama kebutuhan manusia semakin bertambah. Semakin maju tingkat peradaban seseorang semakin meningkat pula bebutuhannya. Jika satu kebutuhan telah terpenuhi akan muncul kebutuhan yang lain. Begitu seterusnya sehingga kebutuhan itu tidak ada batasnya.
  • 23. CERMATILAH ILUSTRASI DIBAWAH INI! Pernahkah kamu pergi ke pusat pembelanjaan yang ada di daerahmu? Bagaimana perasaanmu melihat barang-barang yang ada di sana?
  • 24. Kamu akan dihadapkan pada pilihan untuk mengurangi jumlah barang lain atau tidak jadi membeli barang ini. Ini berarti kamu harus melakukan pilihan. Tergodakah kamu untuk membeli barang yang tidak sesuai dengan tujuanmu semula ? Kamu mungkin akan tergoda jika uang yang kamu miliki lebih dari cukup. Tapi bagaimana jika uangmu terbatas, sedangkan harga barang tersebut mahal ?
  • 25. BIAYA ( COST ) Segala sesuatu yang kita keluarkan atau kita korbankan untuk memperoleh sesuatu. Biaya dapat berupa uang ( biaya langsung ) atau hal lain yang tidak berkaitan langsung dengan uang.
  • 26. BIAYA SEHARI - HARI Biaya yang dikeluarkan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang vital. Biasanya merupakan biaya langsung. Ciri khas biaya sehari – hari : 1. Merupakan prioritas pengeluaran. 2. Harus tetap dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa ditunda. 3. Jika diperlukan dapat mengorbankan kepentingan yang lain.
  • 27. BIAYA PELUANG ( OPPORTUNITY COST ) Pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil suatu pilihan. Biaya peluang tidak harus berupa uang. Tetapi dapat berupa waktu, kesenangan, pergaulan, pengalaman, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Perhitungan biaya peluang setiap orang berbeda, tergantung pada kondisi dan situasi yang dihadapi orang tersebut. Contoh : ketika kamu memilih untuk belajar, maka kamu akan mengorbankan waktumu yang dapat digunakan untuk bersenang - senang dengan teman sebaya.
  • 28. Ciri Khas Biaya Peluang Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang. Bisa berupa waktu, kesenangan, keuntungan dimasa depan dan lain - lain. Memiliki banyak kemungkinan penggunaan. Pengambilan keputusan biaya peluang tergantung pada tujuan dan situasi individu.
















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar