Diberdayakan oleh Blogger.
Flag Counter
>br>
RSS
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
>br>

legenda si manis jembatan ancol


Legenda si Manis Jembatan Ancol
VERSI 1
Jembatan ancol yang dulunya merupakan jembatan goyang ini berada di jakarta utara. Si manis jembatan ancol dipercayai adalah arwah dari Maryam atau Siti Ariah. Menurut cerita yang berkembang di daerah itu,mariyam adalah seorang gadis kembang desa yang diperkosa lalu kemudian dibunuh dan mayatnya dibuang ke sungai yang ada dibawah jembatan ancol tersebut.Semenjak itu seringkali terjadi penampakan seorang wanita cantik di tengah-tengah malam.


Pernah ada seorang pemilik kios di daerah tersebut pada tengah malam,melihat gadis yang lewat di depan kiosnya.kemudian dia keluar dan melihat gadis tersebut,kira-kira 50 meter dari tempatnya,gadis tadi berhenti lalu menatapnya tersenyum dan kemudian menghilang.Diyakini gadis tersebut adalah si manis jembatan ancol.Selain itu,ada juga cerita mengenai penampakan si manis ini di depan hotel horison ancol.Konon sering ada wanita cantik yang melintas didepan hotel ini dan ketika akan dilihat secara seksama,wanita itu menghilang entah kemana.Dan kabarnya management hotel membuat kamar khusus untuk "si manis" ini.


Dengan semakin banyaknya cerita mistis mengenai keberadaan si manis jembatan ancol.Sehingga akhirnya kisah ini di angkat menjadi sinetron berjudul si manis jembatan ancol. Film yang dibintangi oleh Diah Permatasari ini dirilis pada tahun 1993.


Film ini seolah menjadi sinopsis si manis jembatan ancol meski tentu saja pakaian dan jalan ceritanya jauh berbeda dengan kisah si manis jembatan ancol yang sesungguhnya.

VERSI KE2
Dua pasang muda-mudi sedang asyik menikmati indahnya malam di Ancol. Layaknya orang muda yang sedang dimabuk asmara, mereka terbuai oleh nikmatnya cinta. Tanpa mereka sadari, semua tindak tanduk mereka diamati oleh sebuah sosok misterius. Aroma dendam terpancar jelas dari sosok itu. Penuh kemarahan dan luka, sosok itu mulai mendekat.
Esoknya, kawasan Ancol geger dengan ditemukannya empat sosok mayat remaja tewas mengenaskan di jembatan Ancol. Masyarakat di sekitar ramai berbincang mengenai kembalinya Si Manis Jembatan Ancol.
Jembatan yang dulunya dikenal dengan jembatan goyang ini dipercaya menjadi tempat yang cukup sering terjadi penampakan hantu perempuan yang cantik.
Siapakah sebenarnya Si Manis dari Jembatan Ancol itu? Darimana dia berasal? Benarkah dia hanya sebuah mitos? Inilah asal mula Legenda Si Manis Jembatan Ancol.
Di lokasi ini juga, konon sering terjadi kecelakaan fatal yang tidak jelas penyebabnya. Bahkan, popularitas mitos Si Manis Jembatan Ancol ini sampai diangkat ke serial TV dan film.
Konon, pada awal abad 19, Indonesia yang kala itu masih dijajah oleh Belanda, dan Jakarta masih menggunakan nama Batavia, hidup seorang Mak Emper dan dua anaknya, Mpok dan Siti Ariah. Mereka tinggal di sebuah paviliun milik seorang juragan kaya.
Saat Ariah berusia 16 tahun, sang juragan berniat untuk menikahi Ariah. Namun, Ariah tidak mau dengan alasan selain hanya akan menjadi selir, ada kakak Ariah, Mpok belum menikah. Maka, Ariah pun kabur dari rumah untuk menghindari sang juragan kaya.
Dalam pelariannya itu, Oey Tambahsia, seseorang yang terkenal kaya raya di Batavia saat itu dan punya villa di kawasan Bintang Mas (sekarang daerah Ancol), memergoki Ariah.
Oey yang juga dikenal suka mengoleksi perempuan muda pun begitu terpesona dengan kecantikan yang dimiliki oleh Siti Ariah. Maka, Oey memerintahkan dua orang centengnya untuk menangkap Siti Ariah.
Ariah berlari dan memberikan perlawanan yang sangat hebat kepada dua centeng bernama Pi’un dan Surya itu. Hingga akhirnya, Bendungan Dempet dekat Danau Sunter yang waktu itu terkenal sangat angker, menjadi saksi tewasnya Ariah di tangan kedua centeng tersebut.
Jenazahnya dibuang di area persawahan, sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol. Peristiwa itu terjadi pada 1817, menurut catatan Ridwan Saidi, tokoh Betawi yang melakukan penelitian tentang legenda Ariah dari saksi-saksi hidup pada tahun 1955-1960.
Berangkat dari kisah tersebut, sering terjadi penampakan gadis manis yang dipercaya sebagai hantu dari Siti Ariah yang menuntut balas dendam.
Namun seorang  H Mohammad Husni, warga Kebon Jeruk, Jakarta, yang melukis sosok Ariah pada 2003 setelah merasa mendapatkan wangsit mengatakan, ”Ariah itu seorang gadis biasa. Kalau disebut cantik, itu relatif. Kulitnya sawo matang, tingginya sekitar 160 cm. Rambutnya panjang, bajunya kebaya hitam berbintik-bintik biru."
"Matanya sedikit juling,” Husni menambahkan. Menurutnya, Ada pesan Ariah yang disampaikan lewat lukisan itu, bahwa dia adalah gadis biasa yang teraniaya. Bukan setan atau kuntilanak sebagaimana gambaran masyarakat selama ini.
Begitulah kisah si Manis Jembatan Ancol. Ada sedikit perbedaan, versi lainnya bahwa Ariah—yang lebih terkenal dengan sebutan Mariah, Maria, atau Mariam—tidak mati, melainkan diambil oleh Ratu Kidul.(win13/win7)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Ratna Dks mengatakan...

https://www.wattpad.com/story/74708924-si-manis-jembatan-ancol-reborn

boy allen mengatakan...

PinoQQ
MAINPINOQQ.COM | MAINPINOQQ.ORG | MAINPINOQQ.INFO |
-KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
1 user ID sudah bisa bermain 9 Permainan.
• BandarQ
• AduQ
• Capsasusun
• Domino99
• Poker
• BandarPoker
• Sakong
• Bandar66
• PerangBaccarat
Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
customer service kami yang profesional dan ramah.
NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
• WA : +855 96 978 7541
• LINE : pino_qq

Daftar PinoQQ
PinoQQ
PinoQQ
Agen BandarQ
Kartu Online
PinoQQ
Judi Online
AgenSakong
BandarQ

Posting Komentar